Tuesday, January 1, 2008

Sisi positif profesi karyawan.

Perjalanan panjang sebagai karyawan selama 26 tahun merupakan bagian yang tidak terpisahkan dan menjadi nilai tambah dari profesi pengusaha yang saat ini saya jalani.
Selama menjalani profesi sebagai karyawan, saya belajar banyak tentang Sistem dan Prosedur pengelolaan bisnis yang efektif dan efisien, terlebih yang berkaitan dengan : Marketing, Operasional, Finansial dan SDM.

Sungguh suatu anugerah yang luar biasa, saya diberi kesempatan untuk meniti karir karyawan di berbagai perusahaan yang berbeda jenis usahanya, yang ujung2nya semakin menambah tajam insting suatu peluang bisnis, apakah bisnis tersebut layak dijadikan sebagai wahana pengembangan bisnis berikutnya.

Paling tidak saya diberi kemudahan untuk memberi masukan kepada rekan2 yang ingin berbisnis di bidang yang pernah saya jalani sebagai karyawan, yakni akuntan publik, konsultan pajak, konstruksi, pabrik peleburan baja, leasing, lembaga keuangan, agrobisnis, trading, welding workshop dan transportasi.

Pengalaman profesi karyawan yang paling berkesan adalah saat berkarya di Akuntan Publik, karena perusahaan client yang harus diaudit terdiri atas beragam jenis bidang usaha, antara lain jasa konstruksi, perbankan, apotik, jasa sertifikasi kelaikan kapal laut, pabrik gula, pabrik textile, pabrik dinamit, pabrik sakarine, pabrik karung, pabrik plywood, produksi aspal, pabrikasi aluminium, logging industry, jasa ekspor impor, jasa container, taxi, perkebunan, perusahaan penerbangan, asuransi jiwa & kerugian, hotel, catering, travel biro, dll... dll..

Profesi saya sebagai auditor selama menjalankan proses audit memungkinkan untuk memperoleh informasi teknis dan non teknis bidang usaha client yang sedang diaudit, sehingga point2 penting yang menjadi intisari suatu bidang usaha menjadi "knowledge assets" yang luar biasa prima bagi saya.

Selama menjadi karyawan saya belajar banyak tentang etika berbisnis, menghormati "stake holders", menjalin network/lobby, selalu kritis setiap menghadapi problema bisnis, memahami team work, berbagai kiat menembus pasar, menentukan harga jual, membuat bisnis plan, menciptakan culture perusahaan yang bermartabat, yah... all about biz !!
Dan puncak dari perjalanan panjang sebagai karyawan adalah menciptakan visi dan misi bisnis, yakni... "memberi dan melayani... !!"

Sebagai wujud pengabdian sebagai manusia biasa, yang selalu ingin menularkan spirit entrepreneurship kepada siapa saja yang berminat, tanpa membedakan status apakah masih berprofesi sebagai karyawan, pengusaha ataupun Amphibi (karyawan merangkap pengusaha).

Saya bersyukur kepada Allah atas anugerah perjalanan panjang menjadi karyawan.
Semoga Allah selalu memberikan kesempatan kepada saya untuk menebarkan rahmat dengan hati yang ikhlas. Amin.

1 comment:

WURYANANO said...

Memang Kakangmas ku yang satu ini, benar-benar Luar Biasa Prima!

Sungguh bisa dijadikan suriteladan diriku yang masih belajar ini.

Salut buat Mas Bams yang perkasa. salam buat keluarga di Yogyakarta.

Salam,
Wuryanano